Cegah Covid-19, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat

Setelah penilaian, desain oleh Frederich Silaban, seorang arsitek yang beragama Kristen Protestan, terpilih sebagai pemenang. Pemerintah memberi hadiah 75 gram medali emas dan sejumlah Uang.

Ruang sholat terletak di lantai pertama tepat di atas lantai dasar, sedangkan lantai dasar adalah ruang cuci, kantor masjid Istiqlal dan kantor berbagai organisasi Islam. Lantai dasar Masjid Istiqlal sepenuhnya ditutupi dengan 25.000 meter persegi marmer yang disiapkan untuk fasilitas kantor, fasilitas pendukung masjid, dan area multiguna.

Cegah Covid-19, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat

Konstruksi pilar pertama yang menandai dimulainya konstruksi selesai pada 24 Agustus 1961, bertepatan dengan hari ulang tahun Nabi Mohammed sallallaahu ‘alaihi wasallam. Karena situasi politik pada saat itu, proses pembangunan Masjid Istiqlal memakan waktu 17 tahun sampai masjid akhirnya secara resmi didedikasikan pada 22 Februari 1978.

Baca Juga: Harga Pasang Kubah Masjid Di Jakarta

Asep mengatakan bahwa ini bukan hanya Istiqlal, tetapi juga semua masjid di DKI Jakarta diminta untuk tidak melakukan sholat Jumat atau sholat setiap hari selama jamaah selama jamaah. dua minggu ini. Pencabutan sholat kota mengikuti seruan pemerintah Jakarta untuk menunda ibadah di masjid komunal, seperti salat Jumat.

Hatta tidak setuju bahwa masjid nasional di daerah Pasar Baru dibangun karena banyak bangunan tua telah ditinggalkan oleh Belanda. Hatta beralasan “itu akan mahal karena mereka harus membongkar bekas benteng” jika Masjid Istiqlal berlokasi di lokasi itu.

Sebagai masjid negara Indonesia, Masjid Istiqlal diharapkan untuk menampung sejumlah besar jamaah. Karena itu, arsitektur menerapkan prinsip minimalis, dengan mempertimbangkan keberadaannya di iklim tropis.

Masjid ini dirancang agar udara dapat bersirkulasi dengan bebas menjaga ruangan tetap sejuk, sementara jamaah terbebas dari panasnya matahari dan hujan. Pengunjung Muslim dapat segera memasuki gereja dan bergaul dengan mereka untuk melakukan doa kota.

Alasan desakan Sukarno pada pembangunan Masjid Istiqlal dekat Gereja Katedral Pertikaian muncul tentang Sukarno dan Hatta atas situs pembangunan Masjid Nasional, yang kemudian dikenal sebagai Masjid Istiqlal.

Renovasi Masjid Istiqlal dijadwalkan akan selesai. Pada Maret 2020, Menteri Agama menetapkan tujuan untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Istiqlal oleh Kementerian PUPR pada Maret 2020. Di aula utama sholat, imam memperingatkan bahwa Masjid Istiqlal tidak melakukan shalat Jumat.

Menurut pengamatan di situs komunitas, itu masih datang, meskipun dipasang di setiap pintu masuk masjid bahwa tulisan itu tidak termasuk shalat Jumat. Setiap orang yang memasuki masjid dipantau suhu tubuhnya.

Seperti yang dikhawatirkan Hatta, anggaran untuk membangun masjid di tempat itu pasti sangat besar. Untuk minggu depan, partainya masih memikirkan situasi saat ini.

Wahid Hasyim, Menteri Agama Republik Indonesia saat itu, dan H. Anwar Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam mengadakan pertemuan dengan beberapa pemimpin Muslim di Deca Park, sebuah bangunan gereja di Jalan Merdeka Utara, tidak jauh dari Merdeka istana. Bangunan gereja di sebelah Istana Merdeka sekarang menjadi sejarah.

Selain digunakan sebagai kegiatan keagamaan bagi umat Islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, kegiatan sosial dan kegiatan umum. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Jakarta.

Di akhir bulan Ramadhan, kita dapat yakin bahwa Kepala Negara dan pejabat pemerintah utama akan berdoa di sana. Batu fondasi pembangunan Masjid Istiqlal pernah ada di sana. Sebelum masjid resmi dibuka, pembangunannya tidak berjalan mulus karena beberapa alasan. Terutama setelah G30S 1965, ada suksesi kepemimpinan di Indonesia.

Karena lokasi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta berdampingan, kedekatan ini merupakan simbol keharmonisan di antara para penganut agama di Indonesia. Kendaraan untuk umat Katolik yang merayakan hari besar keagamaan Katolik diizinkan menggunakan tempat parkir Masjid Istiqlal.

Tetapi wajib untuk shalat lima kali lipat, dia masih mengatakan di Masjid Istiqlal,orang-orang terus berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (20/3/2020), meskipun sholat Jumat dihapuskan.

Masjid Istiqlal diketahui mengabaikan sholat Jum’at selama dua minggu ke depan untuk mencegah pecahnya Covid-19 sesuai dengan kepemimpinan gouve

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *