BLOG : RUMAH MINIMALIS

Desain rumah kubik yang sangat keren ini sangat menonjol di subdivisi yang berusia lebih dari tiga puluh tahun ini. Garis tenang, sederhana, permukaan otentik. Dekorasi minimal, hanya beberapa perabot yang diperlukan.

“Karena Ibu ada di rumah lebih dari orang lain, banyak hal dirancang terutama untuk dia berjalan-jalan, masuk dan keluar dari dapur, ruang makan, dan kamar tidur – yang berada di lantai dasar untuk kenyamanannya. Perawatannya mudah: tidak ada celah dan celah, lebih mudah bagi orang yang lebih tua untuk bekerja dengannya, ”Suphot Saengkeut, putra bungsunya, memberi tahu kami.

Untuk mewujudkan konsep itu, keluarga Saengkeut menghancurkan dan benar-benar menyingkirkan rumah tua itu untuk membangun sesuatu yang sama sekali baru di properti seluas 300 meter persegi. Mereka membuat dapur luas dan, bergaya Thailand, terbuka untuk cahaya alami dan aliran udara, terutama dengan permukaan ubin. Di bagian depan terdapat lemari penyimpanan dengan permukaan kaca buram yang mudah dibersihkan, dan kotak yang dipasang secara vertikal untuk sistem listrik dan air, dapat diakses dari luar untuk pemeliharaan dan perbaikan.

“Di sini, bentuk mengikuti fungsi: apa pun yang digunakan ruang cocok untuk itu, itulah yang digunakan,” kata Somphon, putra tengah. Arsitek menambahkan, “Mulai dari area parkir mobil di depan dan berbaris kamar lantai dasar dengan kamar tidur lantai atas, kesederhanaan yang diperlukan dari bentuk menjadi jelas, tanpa kebutuhan fungsional untuk berubah. Bentuk persegi panjang terbuka menuju pintu masuk, bagi orang-orang untuk lebih menikmati dunia alami di luar. “

Rumah itu menghadap ke timur, dengan pagar logam dari kisi-kisi dan carport, menjaga matahari agar tidak masuk ke ruang tamu dalam ruangan. Dapur dipisahkan oleh dinding buram. Ruang makan terbuka dengan dinding kaca yang diatur dalam bingkai kisi logam, dan di luar ada pagar kayu sintetis yang menghalangi matahari dan menambah privasi. Di sebelah utara adalah halaman terbuka di tengah rumah dengan melati pohon, tempat untuk bersantai atau berolahraga, dan tangga spiral yang mengarah ke kamar tidur Somphop, putra tertua, tanpa kembali ke rumah.

Somphon memasang panel slab surya dengan celah di antara mereka dan atap beton untuk ventilasi yang baik, juga dibantu oleh saluran udara dengan tutup logam yang melepaskan udara panas dari dalam. Panel menaungi atap, yang juga memiliki insulasi panas busa di bawahnya.

Suphot meninggalkan kami dengan beberapa pemikiran terakhir: “Rumah ini diatur dengan sangat baik untuk privasi individu. Ruang tamu paling sedikit digunakan, tetapi banyak pagi, malam, dan hari libur kami nongkrong bersama di ruang makan. Dan jika saya di atas bekerja, ada dinding terbuka, dan saya bisa mengawasi Ibu di bawah. Senang rasanya mengetahui dia aman, dan kami ada di sana untuknya. “

Gedung ini menerima Penghargaan Festival Arsitektur Dunia 2012 di Singapura. Penghargaan ini diberikan kepada para desainer dan karya arsitektur yang luar biasa di seluruh dunia. Kutipan “Stacking Green’s” untuk keunggulan arsitektur dalam kategori bangunan tempat tinggal sama sekali tidak mengejutkan, karena cara-cara menangani masalah-masalah kompleks dengan cara sederhana menghasilkan hasil yang benar-benar menarik.

Townhouse dengan empat lantai -4 meter dan 20 meter, untuk total 250 meter persegi ruang yang dapat digunakan. Ini dirancang khusus untuk tiga yang akan tinggal di sana. Salah satunya adalah orang tua, sehingga kamar tidur ditempatkan di lantai paling bawah sehingga tidak ada tangga yang harus dinaiki. Lantai kedua terdiri dari ruang makan, dapur, dan ruang tamu. Di lantai tiga adalah kamar tidur utama dengan kamar mandi denah terbuka. Kamar tidur tamu terletak di lantai empat.

Rumah-rumah di Vietnam sering dibangun secara kompak dalam bentuk townhouse untuk menggunakan sesedikit mungkin ruang properti, sering mengakibatkan rumah-rumah sempit dan bagian depan bangunan yang tampak tidak menarik. Di sini, arsitek telah memasukkan privasi ke dalam desain. Jadi jangan biarkan siapa pun melihat dari luar dan memberikan kedamaian dan kepuasan kepada pemiliknya. Ini juga membantu mengurangi polusi dari jalan.

Selain itu, baik di depan dan belakang rumah menampilkan deretan kotak penanam horizontal yang menyaring pandangan ke dalam dan membuat fasad yang menarik. Rumah ini juga dilengkapi dengan port terbuka yang berjalan naik dan turun melalui semua lantai. Hal ini memungkinkan udara panas dari bawah naik dan keluar dari bagian atas gedung, dan dengan cara yang sama untuk udara dingin masuk ke dalam dan menjaga panas turun bahkan di siang hari.

Ada ruang di antara kotak-kotak untuk memungkinkan tanaman tumbuh. Di dalam rumah, hampir tidak ada dinding yang memisahkan kamar, kecuali kamar mandi. Hal ini dilakukan untuk ventilasi yang efisien di seluruh rumah, sekaligus memberi rumah suasana terbuka dan tidak berantakan. Ruang terbuka di antara kotak-kotak perkebunan ditentukan oleh jenis-jenis vegetasi yang ditanam. Ketinggian penuh tanaman digunakan untuk memperbaiki jarak antara pekebun di setiap lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *